Kandang Ternak Sapi, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Read Time:1 Minute, 47 Second

Kalitinggar (10/2021), Guna mendukung program kementrian desa untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat desa, dengan adanya dana desa yang ada Pemerintah Desa Kalitinggar merealisasikan pembangunan Kandang Ternak Sapi. Kandang ternak sapi yang semula sudah dibangun pada awal tahun 2009 lalu lambat laun sudah mulai rusak dan hancur dikarenakan kontruksi bangunan dari kayu yang mudah keropos dan roboh. Untuk itu Pemdes kembali memfasilitasi peternak sapi masyarakat kalitinggar untuk kembali bergairah di kelompok ternak desa kalitinggar dengan membangun kandang ternak sapi. Gedung kandang ternak sapi yang dibangun dengan Dana Desa sebesar Rp 171.470.000,- dimana kontruksi kandang tersebut menggunakan kolom cor beton. Kandang berukuran 6×15 meter dengan kapasitas sapi nantinya mampu menampung 20 ekor.

Kandang dapat dibuat dalam bentuk ganda atau tunggal, tergantung dari jumlah sapi yang dimiliki. Pada kandang tipe tunggal, penempatan sapi dilakukan pada satu baris atau satu jajaran, sementara kandang yang bertipe ganda penempatannya dilakukan pada dua jajaran yang saling berhadapan atau saling bertolak belakang. Diantara kedua jajaran tersebut biasanya dibuat jalur untuk jalan. Pembuatan kandang untuk tujuan penggemukan (kereman) biasanya berbentuk tunggal apabila kapasitas ternak yang dipelihara hanya sedikit. Namun, apabila kegiatan penggemukan sapi ditujukan untuk komersial, ukuran kandang harus lebih luas dan lebih besar sehingga dapat menampung jumlah sapi yang lebih banyak. Lantai kandang harus diusahakan tetap bersih guna mencegah timbulnya berbagai penyakit. Lantai terbuat dari tanah padat atau semen, dan mudah dibersihkan dari kotoran sapi. Lantai tanah dialasi dengan jerami kering sebagai alas kandang yang hangat. Seluruh bagian kandang dan peralatan yang pernah dipakai harus dibersihkan terlebih dahulu dengan desinfektan.

Ukuran kandang yang dibuat untuk seekor sapi jantan dewasa adalah 1,5×2 m atau 2,5×2 m, sedangkan untuk sapi betina dewasa adalah 1,8×2 m dan untuk anak sapi cukup 1,5×1 m per ekor, dengan tinggi atas + 2-2,5 m dari tanah. Temperatur di sekitar kandang 25-40 derajat C (rata-rata 33 derajat C) dan kelembaban 75%. Lokasi pemeliharaan dapat dilakukan pada dataran rendah (100-500 m) hingga dataran tinggi (> 500 m). Kandang untuk pemeliharaan sapi harus bersih dan tidak lembab. Pembuatan kandang harus memperhatikan beberapa persyaratan pokok yang meliputi konstruksi, letak, ukuran dan perlengkapan kandang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.